Pengertian Lirik Lagu


Lirik Lagu merupakan ekspresi seseorang tentang suatu hal yang sudah dilihat, didengar maupun dialaminya. Dalam mengekspresikan pengalamannya, penyair atau pencipta Lagu melakukan permainan kata-kata dan bahasa untuk menciptakan daya tarik dan kekhasan terhadap lirik atau syairnya.
                     Permainan bahasa ini dapat berupa permainan vokal, gaya bahasa maupun penyimpangan makna kata dan diperkuat dengan penggunaan melodi dan notasi musik yang disesuaikan dengan lirik lagunya sehingga pendengar semakin terbawa dengan apa yang dipikirkan pengarangnya (Awe, 2003, p.51).
                    Definisi lirik atau syair Lagu dapat dianggap sebagai puisi begitu pula sebaliknya. Hal serupa juga dikatakan oleh Jan van Luxemburg (1989) yaitu definisi mengenai teks-teks puisi tidak hanya mencakup jenis-jenis sastra melainkan juga ungkapan yang bersifat pepatah, pesan iklan, semboyan-semboyan politik, syair-syair lagu pop dan doa-doa.
                Jika definisi lirik lagu dianggap sama dengan puisi, maka harus diketahui apa yang dimaksud dengan puisi. Puisi menurut Rachmat Djoko Pradopo (1990) merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting dan digubah dalam wujud yang berkesan. Sedangkan menurut Herman J. Waluyo (1987) mengatakan puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa pada struktur fisik dan struktur batinnya.
                Dari definisi diatas, sebuah karya sastra merupakan karya imajinatif yang menggunakan bahasa sastra. Maksudnya bahasa yang digunakan harus dibedakan dengan bahasa sehari-hari atau bahkan bahasa ilmiah. Bahasa sastra merupakan bahasa yang penuh ambiguitas dan memiliki segi ekspresif yang justru dihindari oleh ragam bahasa ilmiah dan bahasa sehari-hari (Awe, 2003, p. 49). Karena sifat yang ambigu dan penuh ekspresi ini menyebabkan bahasa sastra cenderung untuk mempengaruhi, membujuk dan pada akhirnya mengubah sikap pembaca (Wellek & Warren, 1989, p. 14-15).
            Lagu yang terbentuk dari hubungan antara unsur musik dengan unsur syair atau lirik lagu merupakan salah satu bentuk komunikasi massa. Pada kondisi ini, lagu sekaligus merupakan media penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan dalam jumlah yang besar melalui media massa.
           Pesan dapat memiliki berbagai macam bentuk, baik lisan maupun tulisan. Lirik lagu  memiliki bentuk pesan berupa tulisan kata-kata dan kalimat yang dapat digunakan untukmenciptakan suasana dan gambaran imajinasi tertentu kepada pendengarnya sehingga dapat pula menciptakan makna-makna yang beragam.
            Dalam fungsinya sebagai media komunikasi, lagu juga sering digunakan sebagai sarana untuk mengajak bersimpati tentang realitas yang sedang terjadi maupun atas cerita-cerita imajinatif. Dengan demikian lagu juga dapat digunakan untuk bebagai tujuan, misalnya menyatukan perbedaan, pengobar semangat seperti pada masa perjuangan, bahkan lagu dapat digunakan untuk memprovokasi atau sarana propaganda untuk mendapatkan dukungan serta mempermainkan emosi dan perasaan seseorang dengan tujuan menanamkan sikap atau nilai yang
kemudian dapat dirasakan orang sebagai hal yang wajar, benar dan tepat.
            Propaganda melalui maupun tidak melalui lirik lagu tetap memiliki efek yang kompleks. Contohnya Jika pesan dalam lirik lagu oleh propagandis diketengahkan tentang ketidakadilan dan ketimpangan-ketimpangan sosial dan
secara tidak langsung menempatkan pemerintah sebagai pihak yang harusnya bertanggung jawab pada keadaan itu, bukan tidak mungkin hanya melalui lagu ,  khalayak menjadi marah, menuntut bahkan melawan pemerintah sebagai pihak yang bertanggungjawab dengan berbagai bentuk.
           Oleh karena bahasa dalam hal ini kata-kata, khususnya yang digunakan dalam lirik lagu tidak seperti bahasa sehari-hari dan memiliki sifat yang ambigu dan penuh ekspresi ini menyebabkan bahasa cenderung untuk mempengaruhi, membujuk dan pada akhirnya mengubah sikap pembaca (Wellek & Warren, 1989, 14-15).
           Maka untuk menemukan makna dari pesan yang ada pada lirik lagu , digunakanlah metode semiotika yang notabene merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang sistim tanda. Mulai dari bagaimana tanda itu diartikan,
dipengaruhi oleh persepsi dan budaya, serta bagaimana tanda membantu manusia memaknai keadaan sekitarnya.        Tanda atau sign menurut Littlejohn adalah basis
dari seluruh komunikasi (1996, p. 64). Sedangkan yang disebut tanda dapatberupa gambar atau tulisan (Kurniawan, 2001,p.53).

58 comments:

  1. boleh tau ini referensinya dari mana? terimakasih

    ReplyDelete
  2. Sedih ane bacanya kalo ada materi yang berdasarkan sumber dari Jan van Luxemburg, Awe, Rachmat Djoko Pradopo, Herman J. Waluyo, Wellek, Werren, Littlejohn , Kurniawan. Padahal materi ini yang ane cari, tapi gak ada daftar pustakanya. trima kasih udah memberikan info yang jitu, semoga ini bermanfaat bagi kalangan yang ingin membacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. referensi nya mana gan? dari mana ini sumber nya

    ReplyDelete
  4. terimakasih, informasinya sangat membantu.

    ReplyDelete
  5. permisi saya ingin bertanya, diatas anda mengutip teori dr awe 2003 page 51.. itu dr judul buku apa ya??mohon dijawab karena saya butuh untuk tugas akhir saya.trimakasih.

    ReplyDelete
  6. Terima Kasih atas artikelnya sangat bermanfaat ni bagi saya.!

    Sekalian Numpang Link : Cara Mengobati Benjolan Payudara Terkena Tumor dan Kanker

    ReplyDelete
  7. mantab ulasan lagunya om.. saya sangat senang dengan ulasan ini. terima kasih.

    monggo mampir juga di situs download lagu mp3

    ReplyDelete
  8. Bagus dan menarik infonya, hanya kalau bisa sertakan juga sumbernya. Makasih

    ReplyDelete
  9. www.lexispoker.me
    Ambil Jackpot jutaan rupiahmu disini hanya dengan 25ribu menangnya gampang banget di Lexispoker
    Langsung saja bergabung dan mainkan sekarang juga.
    info lebih lanjut hubungi whatsapp +6283873755078

    ReplyDelete
  10. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Baru tau pengertian aja dibahas segininya,
    Bagi yg mau download mp3 bisa di

    Download Lagu mp3

    Download mp3 Lagu

    Download mp3 gratis

    ReplyDelete
  12. Artikel sangat membantu dan baik untuk dibaca

    bisa kunjungi juga untuk web Download Lagu Terbaru

    ReplyDelete
  13. Yuk simak, cara unduh atau download lagu Lamar Aku dinyanyikan Wali Band, dalam MP3 lagu terbaru 2019.

    ReplyDelete
  14. Jika definisi lirik lagu dianggap sama dengan puisi, maka harus diketahui apa yang dimaksud dengan puisi. Puisi menurut Rachmat Djoko Pradopo (1990) merupakan rekaman dan interpretasi pengalaman manusia yang penting dan digubah dalam wujud yang berkesan. Sedangkan menurut Herman J. Waluyo (1987) mengatakan puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa pada struktur fisik dan struktur batinnya.
    Dari definisi diatas, sebuah karya sastra merupakan karya imajinatif yang menggunakan bahasa sastra. Maksudnya bahasa yang digunakan harus dibedakan dengan bahasa sehari-hari atau bahkan bahasa ilmiah. Bahasa sastra merupakan bahasa yang penuh ambiguitas dan memiliki segi download mp3 gratis

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Download lagu https://stafaband123.site barat romantis terbaru dan populer 2019 di sini. ... Selain link untuk download lagu MP3, ada juga video klip di Youtube resmi ...

    ReplyDelete
  18. Metrolagu Berikut chord gitar dan link download lagu Celengan Rindu oleh Fiersa Besari. ... Lagu ini menjadi bagian dalam album Fiersa Besari bertajuk ...

    ReplyDelete
  19. download lagu sekarang jadi lebih mudah karena adanya website download lagu ini, stafaband streaming mudah tanpa iklan gratis 2020

    ReplyDelete
  20. ayu ting ting sambalado mp3 download bagus download mp3

    ReplyDelete
  21. Stafaband lagu disini mudah download dan lyric banyak pilihan Stafaband

    ReplyDelete
  22. You can also buy really cheap used CDs from Goodwill or Salvation Army stores. Yes, you uncover brand new CDs as.50 cents to $2. Oftentimes, you are available them on the local indie store even more than you paid these (did I have faith that that?). Planetlagu

    ReplyDelete
  23. Halo apa kabar semua, Last child rilis lagu terbarunya cek ya Download lagu Ketidakrelaanku Mp3

    ReplyDelete
  24. terimakasih kak atas informasinya, artikelnya sangat bermanfaat bisa juga kak download mp3 nya disini Downloadlagu1

    ReplyDelete
  25. On account of the exceptional undertaking for giving every one of the strong chances to explore the essential examination of this site.
    metrolagu

    ReplyDelete
  26. kalo cari lirik lagu biasanya di lirik lagu

    ReplyDelete